Bagi Anda yang belum Tahu Sejarah Facebook

Bagi Anda yang belum Tahu Sejarah Facebook ~ Bagi anda yang sering bermain facebook, dari yang tua sampai yang muda, dari yang sering mengupdate status sampai yang sering membaca update statusnya orang, dari yang sering mencari teman di facebook sampai yang dicari sama orang di facebook. Sudah tahukan anda sejarah awal facebook dan bagi anda yang belum tahu persis sejarahnya wajib membaca artikel ini supaya tidak ketinggalan zaman, apalagi sekarang sudah tahun 2014. Sekarang kita langsung saja ke penjelasannya mengenai apa itu facebook dan bagaimana sejarah awal berdirinya.


Facebook, facebook, dan facebook asal kalian tahu facebook sampai sekarang masih berada diperingkat teratas sebagai situs social media terpopuler di dunia dan juga Facebook merupakan situs pertemanan atau jejaring sosial yang sedang sangat ngtrend saat ini. Banyak sekali orang di dunia dan di Indonesia yang memiliki sebuah akun Facebook, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun Facebook. Facebook pertama kali muncul dari hobi seseorang yang bernama Mark Elliot Zuckerberg biasa dipanggil Mark Zuckerberg ( seorang mahasiswa Universitas Harvard ) pada 4 Februari 2004. Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang hanya digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di kampus Stanford.

Pada saat itu, pengguna yang terdaftar di The Facebook hanya sebatas pada orang-orang yang memiliki E-Mail dengan ekstensi .edu. Artinya, The Facebook hanya untuk keluarga universitas dari kampus yang didukung. Seiring berjalannya waktu, universitas yang didukung semakin banyak hingga mencapai semua universitas di Amerika. Karena hanya untuk kalangan universitas saja, jumlah pengguna The Facebook tetap saja masih rendah.

Singkat cerita, Mark Zuckerberg berhenti kuliah dan pindah ke Silicon Valley. Selanjutnya, di bulan September 2004 The Facebook mendapatkan suntikan dana dari seorang pebisnis yaitu Peter Thiel yang merupakan pendiri PayPal. Uang sebesar $500,000 disumbangkannya sebagai pemulaan saja. Selain Peter Thiel, seorang penanam modal yang bernama Jim Breyer turut menyumbangkan dana sebesar $12,7 juta untuk mengembangkan The Facebook. Jim Breyer merupakan seorang yang memiliki keterkaitan dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti WalMart dan Nation Venture Caoital Associataion (NVCA) dari Accek Partners.

Sebulan kemudian pada Oktober 2004, Mark Zuckerberg rupanya telah mengalami perkembangan yang cukup bagus yang telah ditandai dengan telah memiliki uang, tenaga kerja, dan dukungan institusional untuk maju secara global. Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang dirinya dengan nama "Facebook" dan langsung membeli domain ww.Facebook.com dengan harga $200,000 USD. Setelah The Facebook berganti nama menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan memiliki E-Mail yang aktif dan valid.

Satu Tahun kemudian, tepatnya pada September 2006, barlah Facebook mulai memperbolehkan siapapun yang memiliki alamat E-Mail aktif dan valid untuk mendaftar di Facebook. Dari perjuangannya tersebut, pada periode Mei 2006 hingga Mei 2007 pengunjung Facebook tumbuh sampai 89%.

Pada 24 Mei 2007, Facebook menyelenggarakan acara besar yang mereka sebut dengan "F8 Event" dengan media massa dan pembuat aplikasi untuk meluncurkan Facebook Platform. Di acara itu, secara resmi Facebook membuka Platform-nya untuk semua orang. Ini berarti bahwa semua orang dapat membuat aplikasi di Facebook secara gratis. Yang lebih menarik lagi, muncul pembuat-pembuat aplikasi menawarkan bermacam aplikasinya yang unik untuk ditambahkan ke profil pengguna Facebook. Untuk memajukan Facebook, F8 Event ini terus diadakan sampai saat ini. Seiring dengan perkembangannya, akhirya oada Agustus 2007 Facebook mulai merintis pasar iklan, hasilnya pada 6 November 2007 Facebook berhasil melayani 12 merek global yang terkenal diantaranya adalah Coca-Cola, Blockbuster, Verison, Sony Pictures, dan Conde Nast.

Karena sedemikian besar potensi yang dimiliki Facebook, banyak perusahaan-perusahaan besar yang ingin memilikinya. Misalnya, Friendster yang ingin mengakuisisi Facebook dengan nilai $10 juta USD. Yahoo! yang ingin mengakuisisi facebook debgan nilai $1 Miliar USD, dan Viacom yang ingin mengakuisisi Facebook dengan nilai $750 juta USD. Namun, hasilnya Facebook tetap berdiri sendiri dan tidak ingin diakuisisi oleh perusahaan-perusahaan lain. Mark Zuckerberg akhirnya sempat mendapat julukan "the 'kid' who turned down a billion" karena dia telah meninggalkan tawaran yang diberikan oleh Yahoo! Sampai sekarang, Amerika lah yang memiliki pengguna Facebook terbanyak setelah itu, diikuti oleh Kanada dan Inggris. Untuk di Asia, pengguna Facebook terbanyak adalah di Cina dan Indonesia.

Oke segini dulu infonya dan terus ikuti perkembangan artikel saya,,,,

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Bagi Anda yang belum Tahu Sejarah Facebook Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Bagi Anda yang belum Tahu Sejarah Facebook Sebagai sumbernya

0 Response to "Bagi Anda yang belum Tahu Sejarah Facebook"

Post a Comment

Artikel Lainnya