Penuhi Asupan Gizi Anak Ketika Berpuasa

Penuhi Asupan Gizi Anak Ketika Berpuasa ~ Keseimbangan gizi pada anak sangat penting agar proses pertumbuhannya tidak lamban. Jika orang tua menghendaki anaknya untuk dilatih berpuasa, itu hal yang wajar. Tapi jangan lupa memperhatikan kadar gizi yang harus dikonsumsi anak saat sahur dan berbuka puasa. Jika tidak, dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhannya, karena menahan lapar dan dahaga menjadi hal berat, baik pada orang dewasa apalagi seorang anak.

sumber gambar : www.vemale.com

Ahli gizi, Herlina, S.Gz menjelaskan, hingga saat ini belum banyak penelitian tentang pengaruh berpuasa terhadap anak-anak, terutama dalam hal kesehatan dan tumbuh kembangnya. Olehnya itu, orang tua harus punya kemampuan melihat dan mempertimbangkan kondisi fisik serta kemampuan anak. Beberapa hal perlu diperhatikan orang tua jika anaknya berpuasa. Diantara, jangan abaikan asupan gizi, karena anak membutuhkan asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan kalsium yang tepat agar tidak lemas saat berpuasa.

Jadi harus memberikan menu yang tepat saat sahur. Pilihlah makanan kaya serat seperti sereal, roti gandum, buah dan sayur. Termasuk makanan yang kaya protein, seperti telur, daging dan ikan karena anak masih dalam tahap pertumbuhan, sehingga meski berpuasa tetapi asupan gizi tetap terpenuhi.

Selain itu, harus diberikan makanan manis saat berbuka puasa seperti jus buah, cendol, kolak, dan kurma, agar stamina anak cepat kembali. Setelah itu sediakan makanan dengan menu yang bervariasi, agar semua zat gizi anak dapat terpenuhi denga komposisi seimbang. Terpenting, selalu sediakan segelas susu, karena susu mengandung zat gizi yang cukup lengkap. Tapi harus hindari minuman bersoda saat berbuka puasa, karena itu akan menghasilkan gas yang membuat perut jadi kembung.

Jangan biarkan anak makan dengan porsi berlebih, karena dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Beri makan secara bertahap, mulai dari porsi kecil hingga porsi penuh. Hindarkan anak dari makanan pedas karena dapat meningkatkan asam lambung. Sebab, ketika berpuasa terjadi penurunan kadar gula darah dan membuat tubuh harus menggunakan cadangan energi dalam tubuh. Sedangkan pada anak, nutrisi dan gula darah sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Penuhi Asupan Gizi Anak Ketika Berpuasa Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Penuhi Asupan Gizi Anak Ketika Berpuasa Sebagai sumbernya

0 Response to "Penuhi Asupan Gizi Anak Ketika Berpuasa"

Post a Comment

Artikel Lainnya