Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil ~ Ibu hamil sangat membutuhkan asupan gizi dan protein untuk menyehatkan bayi yang dikandungnya. Namun, di bulan Ramadhan seperti ini, tentu berpuasa menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam, tak terkecuali bagi ibu hamil. Di sisi lain, kehamilan bisa menjadi kekhawatiran tersendiri, jangan sampai menjalankan puasa dapat mengganggu janinnya.


Bagi ibu hamil itu tergantung pada kondisi mereka, dan terpentingnya bagi yang dikandungnya. Tapi berpuasa akan lebih mudan dan aman dilakukan ibu hamil, jika berada dalam keadaan sehat, tidak ada penyakit atau keluhan, serta tanpa komplikasi dalam kehamilan, dr. Mono Valentino Yohanis, M.Kes., Sp.OG spesialis kandungan mengatakan hal tersebut.

Dikatakan, agar dapat menjalankan puasa, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Pertama harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, karena merekalah yang mengetahui riwayat kesehatan ibu dan kondisi janinnya, sehingga dapat membantu membuat keputusan, apakah ibu bisa berpuasa atau tidak. Kemudian, tetap makan tiga kali sehari, dengan hitungan satu kali saat berbuka puasa.

Jadi mengkonsumsi makanan kecil sebelum tidur, dan makan tahap ketiga pada saat sahur. Terpenting harus mengkonsumsi cairan yang cukup, minimal 1,5 sampai 2 liter sehari (selama berbuka sampai sahur). Kemudian, hindari aktivitas berlebihan serta cuaca panas, karena akan cepat membuat lelah.

Tips lain, jangan lupa tidur yang cukup sekira 8 jam perhari. Hindari konsumsi kopi dan teh karena bersifat diuresis dan menghambat absorbsi zat besi. Buah-buahan juga wajib ada pada menu sahur, agar BAB lancar, sehingga mencegah potensi wasir yang sering terjadi pada ibu hamil.

Lalu harus diet protein, seperti makan ikan, ayam, telur, tahu dan tempe. Itu sangat baik dan diperlukan untuk tumbuh kembang janin. Namun intinya, bila ibu hamil merasa tidak sanggup berpuasa, atau takut sesuatu terjadi pada bayi yang dikandungnya, maka sebaiknya jangan dipaksakan atau segera berbuka bila mengalami mual, muntah disertai diare, lemas dan pusing. Dan paling penting untuk diawasi, apabila gerak janin dirasakan berkurang.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil Sebagai sumbernya

0 Response to "Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment

Artikel Lainnya