Efek Gizi Kurang Pada Balita

Efek Gizi Kurang Pada Balita ~ Kesehatan dan kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor nutrisi. Karenanya, kualitas dan kecukupan gizi bagi anak haruslah menjadi perhatian utama pada orang tua.


Agar anak sehat dan cerdas, perlu memberikan nutrisi yang baik sejak dalam kandungan, dan selama masa pertumbuhannya.

Di dalam nutrisi atau makanan, terkandung banyak zat gizi penting yang dibutuhkan anak untuk menunjang tumbuh kembang tubuh dan otaknya.

Kurangnya asupan gizi berdampak pada balita. Mulai dari gagal tumbuh, berat lahir rendah, kecil, pendek, kurus, dan daya tahan rendah. Ini juga menurunkan produktivitas pada usia dewasa sehingga dapat menghambat perkembangan kognitif, nilai sekolah, dan keberhasilan pendidikan.

Kurangnya asupan gizi pada balita dapat menyebabkan gizi buruk yang berdampak otak kosong dan bermutu rendah. Pada perkembangan otak dapat mengalami stanting sehingga terjadi abnormal. Cabang terlihat terputus atau terbatas dan terlihat pendek.

Pada kurang gizi dapat terjadi infeksi. Bersifat permanen tak terpulihkan. Ini juga berpengaruh terhadap hormon sehingga otak susah untuk berkembang.

Dalam hal pencegahan gizi buruk, balita tentunya memerlukan pola makan teratur dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Mulai dari yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Utamanya pada ibu hamil untuk menjaga pola makan sehingga kondisi tubuh tetap terjaga.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Efek Gizi Kurang Pada Balita Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Efek Gizi Kurang Pada Balita Sebagai sumbernya

0 Response to "Efek Gizi Kurang Pada Balita"

Post a Comment

Artikel Lainnya