Kenali Perkembangan Anak Beranjak Remaja

Kenali Perkembangan Anak Beranjak Remaja ~ Masa remaja merupakan masa-masa yang paling indah dalam hidup manusia. Hal tersebut mungkin bagi sebagian besar telah dipercaya oleh banyak kalangan. Pada dasarnya masa remaja memang sangat berkesan, begitu banyak tingkah aneh dikala itu mulai dari aksi jahil di sekolah hingga aksi-aksi nakal seperti membolos sekolah, main kucing-kucingan dengan guru, perkelahian antar pelajar hingga antar sekolah.


Di usia tersebut memang merupakan masa-masa yang labih, bahkan beberapa pakar psikologis juga menyatakan waktu pencarian jati diri.

Pada masa ini, terjadi banyak perubahan baik itu secara fisik, psikis, emosional dan sosial. Di samping itu juga terjadi pertumbuhan otak untuk berpikir lebih rasional dan logis. Dalam perkembangan ini, ada remaja yang berhasil melewatinya dan ada juga yang melaluinya dengan banyak hambatan.

Dari segi perubahan emosional, remaja mengalami puncak emosionalitasnya tingkat tinggi. Perkembangan emosi remaha menunjukkan sifat sensitif, reaktif yang kuat dan temperamental (mudah tersinggung, marah, sedih, dan murung).

Sedangkan dari segi psikologisnya, remaja telah mengalami kemampuan untuk memahami orang lain (social cognition) dan menjalin persahabatan. Remaja memilih teman yang memiliki sifat dan kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya, misalnya sama hobi, minat, sikap, nilai-nilai, dan kepribadiannya.

Pada masa remaja adalah masa berkembangnya identitas diri atau masa pencarian jati diri yang bakal menjadi dasar bagi masa dewasa pada saat remaja, secara emosional keinginan mereka untuk melakukan sesuatu yang dilarang, malah semakin besar dorongan dan motivasinya. Disinilah dibutuhkan kontrol orang tua. Namun pada kenyataannya, orang tua kurang mau mengenal dunia anak mereka. Padahal itu menjadi penting, sehingga orang tua dapat memahami kemauan anak mereka.

Akibatnya, muncul berbagai jenis kenakalan yang berujung tindak kejahatan. Mulai dari tingkat lingkungan sekolah seperti merokok, membolos, dan melihat atau menyebarkan konten-konten p**nografi. Sampai tingkatan yang membahayakan pada tingkat lingkungan pergaulan di luar sekolah seperti s*ks bebas dan na*koba.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kenali Perkembangan Anak Beranjak Remaja Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kenali Perkembangan Anak Beranjak Remaja Sebagai sumbernya

0 Response to "Kenali Perkembangan Anak Beranjak Remaja"

Post a Comment

Artikel Lainnya