Waspada Terhadap Radang Gusi

Waspada Terhadap Radang Gusi ~ Gusi sangat penting terhadap kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan kokoh yang umumnya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat.


Gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, juga menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi.

Radang gusi atau gingivitis adalah peradangan yang terjadi pada gusi. Penyakit ini jarang menyebabkan rasa sakit, sehingga seringkali tidak disadari oleh penderitanya.

Dokter Poli Gigi drg. Herniati mengatakan, gingivitis merupakan gangguan pada mulut yang biasanya di tandai dengan gejala seperti gusi memerah, mengalam pembekakan, bernanah, napas berbau, serta gusi akan tampak mengilap dan licin.

Pada tahap awal, lanjut dia, penyakit ini tidak akan menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang mengabaikan. Padahal, jika terus dibiarkan bisa mengakibatkan tumor pada gusi dan rasa sakit yang akan menjalar disekitar sumber radang, misalnya telinga dan kepala.

Radang gusi juga bisa merusak organ penting lainnya, infeksi yang masuk melalui pembuluh darah bisa mengganggu fungsi kerja jantung dan paru-paru.

Menurut drg. Herniati penyebab gingivitis adalah penumpukan plak terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

Lapisan tidak kasat mata tersebut biasanya akan hilang dengan menyikat gigi. Tetapi jika dibiarkan menempel di gigi. Tetapi jika dibiarkan menempel di gigi selama lebih dari 48 jam, plak dapat mengeras dan membentuk karang gigi yang hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

Kemudian faktor resikonya yakni gaya hidup tidak sehat seperti merokok pemakaian obat-obatan, malnutrisi atau kekurangan nutrisi dan perubahan hormon seperti pada pubertas dan kehamilan.

Plak adalah faktor utamanya, plak yang menumpuk akan menyebabkan pembengkakan dan kalau tidak cepat ditangani akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Waspada Terhadap Radang Gusi Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Waspada Terhadap Radang Gusi Sebagai sumbernya

0 Response to "Waspada Terhadap Radang Gusi"

Post a Comment

Artikel Lainnya