Kenali Gejala Gangguan Bipolar

Kenali Gejala Gangguan Bipolar ~ Gangguan bipolar merupakan salah satu penyakit kronis, dimana sebanyak 15 persen dari jumlah pasien berakhir dengan bunuh diri. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali perubahan perilaku penderita.


Gejala yang dialami orang yang memiliki gangguan bipolar mirip dengan depresi umumnya. Gejalanya termasuk perasaan selalu cemas, sedih, marah, rasa bersalah, tidak berdaya dan terkucilkan, gangguan nafsu makan dan tidur, kelelahan, pelarian, berkurangnya mnat atas hal-hal yang pernah dinikmati, masalah konsentrasi, malas pusing, membenci diri sendiri, kecemasan sosial atau rasa malu, sakit kronis, dan bahkan bisa mempunyai tendensi bunuh diri.

Gangguan bipolar tidak memiliki penyebab tunggal, biasanya disebabkan faktor gen. Namun juga gen bukanlah satu-satunya penyebab. Penderita cenderung mengalami faktor pemicu yang melibatkan hubungan antar perseorangan atau peristiwa pahit dalam hidup yang bisa memicu stess berat. Misalnya dari hubungan perseorangan antara lain putus cinta atau kematian sahabat.

Disamping itu, seorang penderita bipolar disorder yang gejalanya mulai muncul saat masa remaja kemungkinan besar mempunyai riwayat masa kecil yang kurang menyenangkan seperti mengalami banyak kegelisahan atau depresi. Selain itu, alkohol, obat-obatan, dan penyakit lain yang diderita juga dapat memicu munculnya bipolar disorder.

Menurutnya, jika terjadi perubahan yang membahayakan, sebaiknya penderita gangguan bipolar segera dikonsultasikan lebih lanjut ke psikolog atau psikiater untuk diberikan pengobatan secara farmakologi (obat-obatan) atau dengan terapi.

Deteksi dini dan kepatuhan pada pengobatan, serta dukungan dari keluarga merupakan salah satu kunci penting dalam mengatasi gangguan bipolar ini.

Sumber : Koran Harian Kendari Pos
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Kenali Gejala Gangguan Bipolar Silahkan baca artikel Putra Anggo Blogger Kacangan Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Kenali Gejala Gangguan Bipolar Sebagai sumbernya

1 Response to "Kenali Gejala Gangguan Bipolar"

  1. Play Baccarat - FBCASINO
    Bet on the best baccarat sites งานออนไลน์ in Canada. Our expert 카지노 guide to 바카라 baccarat, including the best betting options and betting options.

    ReplyDelete

Artikel Lainnya